Langsung ke konten utama

Mengenal Jenis-jenis Pemanis Buatan yang Berbahaya

Berbagai merek makanan dan minuman kini telah menjamur alias sangat banyak. Dari banyaknya produk tersebut tentunya ada zat aditif yang digunakan untuk meningkatkan cita rasa dari produk tersebut. Salah satu zat aditif di antaranya adalah zat pemanis makanan.

Secara umum, zat pemanis pada makanan ada 2 garis besar, yaitu zat pemanis alami dan zat pemanis buatan. Tentunya untuk bahan pemanis alami mayoritas aman dikonsumsi dan tidak dilarang oleh pemerintah. Akan tetapi, untuk bahan pemanis buatan ada beberapa yang berbahaya bagi kesehatan, ada yang dilarang dan ada yang belum/tidak dilarang. Meskipun juga, pemanis buatan yang aman pun lebih banyak jumlahnya.

Terkait zat aditif pemanis yang berbahaya, entah itu dilarang atau tidak oleh pemerintah sebetulnya bisa kita akses dari banyak sumber. Info tersebut ada di buku IPA / science SMP, buku-buku kesehatan, majalah kesehatan, website dan blog di internet, dan juga artikel di blog ini. :) 

Baiklah, berikut ini beberapa jenis pemanis buatan yang berbahaya, terutama jika di atas ambang batas, ada yang sedikit, ada yang banyak. Beberapa informasi ini kami sadur dari berbagai sumber, baik offline atau pun online. Berikut ini daftar dan penjelasannya, selamat menyimak :)

1. Kalium Asesulfam (Potasium asesulfam)

Zat yang bisa disebut Ace-K ini bisa ditemukan pada produk permen, permen rendah kalori, makanan yang dipanggang, dan frozen food jenis makanan penutup. Penggunaan yang berlebihan kalium asesulfam bisa menyebabkan kanker, gangguan mental, dan gangguan memori, meskipun efek-efek ini masih menjadi perdebatan.

2. Natrium siklamat

Natrium siklamat atau yang bisa disebut "siklamat" sudah dilarang terutama di Amerika Serikat. Natrium siklamat dilarang karena bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker.

3. Aspartam

Aspartam dapat ditemukan pada produk makanan es krim, minuman soda, yoghurt, dan permen. Berdasarkan penelitian, aspartam disinyalir dapat mengganggu kesehatan pinggang. Selain itu, aspartam juga disinyalir dapat menurunkan kadar HDL darah. HDL atau kolesterol baik padahal diperlukan tubuh untuk kesehatan jantung.

4. Sukralosa

Sukralosa biasa digunakan pada splenda untuk mengganti gula pada minuman teh atau kopi. Sukralosa yang berlebihan bisa memicu kurangnya keseimbangan bakteri baik pada usus.

5. Sakarin

Sakarin biasa ditemui di minuman ringan dan permen rendah kalori. Bisa juga terdapat pada permen karet dan produk makanan penutup. Berdasarkan hasil penelitian, mengkonsumsi sakarin dapat menyebabkan gangguan pada usus, yang mana ia akan mengurangi jumlah bakteri baik dalam usus manusia.

6. Xylitol

Xylitol dapat ditemukan pada produk permen karet, mint, dan pasta gigi. Kadar xylitol pada dosis tinggi bisa menimbulkan efek pencahar, yaitu memicu gangguan pencernaan seperti diare dan sakit perut.

7. Dulsin

Dulsin memiliki nama lain yaitu sucrol dan valzin. Dulsin telah dilarang penggunaannya. Alasan pelarangan dulsin adalah karena dulsin bisa memicu kanker (bersifat karsinogenik).


Zat-zat pemanis buatan yang kami sebutkan di atas bisa dideteksi pada bungkus produk terutama bagian komposisi, entah itu komposisi makanan ataupun komposisi produk lainnya. Ada baiknya kita berhati-hati dengan zat-zat tersebut. Akan tetapi, bukan berarti membuat kita ketakutan makan dan minum dari produk kemasan. Bijaklah dalam mengkonsumsi produk, terutama jangan berlebihan dan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang mudah dan sederhana adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang serta rajin berolahraga.

Keep healthy, dan semoga bermanfaat.

Komentar

Sponsor (2)

Artikel populer

Beberapa Tips Memilih Mainan Elektronik yang Tepat

Tips Memilih Mainan Elektronik - Teknologi telah mengambil berbagai sendi kehidupan dengan masif, dan mainan tidak terkecuali. Ada saat ketika anak-anak akan bermain dengan kotak kayu dan mainan buatan tangan karena mereka tidak punya pilihan lain. Namun, dengan kemajuan teknologi, aturan hiburan telah berubah. Dan sekarang, anak-anak lebih suka bermain dengan mainan Elektronik karena mereka mendorong permainan imajinatif dan pengembangan keterampilan motorik. Dalam artikel kami hari ini, kami akan memandu pembaca tentang cara memilih mainan elektronik sehingga anak-anak dapat menikmati kesenangan tanpa kesulitan. Mari selami.  A. Apakah Mereka Aman? Mengkompromikan keselamatan anak-anak Anda tidak diragukan lagi akan menjadi kesalahan serius. Memilih mainan yang tidak aman tidak hanya membuat anak Anda rentan terhadap kemungkinan cedera, tetapi juga memengaruhi kreativitas mereka. Tapi bagaimana Anda bisa memastikan bahwa mainan yang Anda beli aman? Nah, salah satu cara paling efektif

Sistem Kerangka dalam Anatomi Tubuh Manusia

Sistem Kerangka dalam Anatomi Tubuh Manusia  (sebagai  Edukasi Sains) - Anatomi tubuh manusia sebagian besar terdiri dari sistem kerangka yang mana tersusun dari berbagai macam tulang dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Diantaranya adalah tulang bagian kepala sejumlah 8 buah, tulang kerangka dada sebanyak 25 buah, tulang wajah sebesar 14 buah, tulang belakang dan pinggul sebanyak 26 buah. Tulang telinga dalam sebanyak 6 buah, tulang tangan sebanyak 64 buah, tulang lidah sebanyak 1 buah tulang, dan tulang kaki sebanyak 62 buah.  Diantara penjelasan tersebut terdapat beberapa fungsi dari kerangka diantaranya adalah untuk menahan seluruh bagian tubuh agar tetap tegak, melindungi alat tubuh yang vital seperti otak, jantung dan paru–paru. Tulang menempati sebagian besar tubuh manusia. Tulang juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot, alat pergerakan tubuh dengan perantara otot, tempat pembentukan sel–sel darah terutama sel darah merah atau eritrosit, serta memberikan bentu

Nasihat untuk Orang yang Sedang diacuhkan atau berkeluh kesah

 Terkadang perilaku dan sikap seseorang yang dahulu, baru akan dirasakan pada saat ini. Seseorang mengabarkan bahwa kini ia sangat merasa kesepian, sering diacuhkan, kurang dibutuhkan jasanya. Jangankan orang berkunjung ke rumahnya, bahkan mengundang teman ke rumahnya saja banyak yang tidak merespon untuk datang. Jangankan orang membutuhkan jasanya untuk membantu sesuatu hal yang penting, bahkan ia menawarkan diri membantu pun banyak yang menolak dengan halus atau kiasan. Jangankan orang chat ia duluan atau menelpon duluan. Bahkan ia chat duluan atau menelpon duluan pun banyak yang tidak merespon. Setelah ditelisik, ditelusuri, dilakukan introspeksi, dan beberapa masukan dari orang yang masih peduli, ternyata: Dulu ia sangat sibuk dengan pekerjaannya, sehingga banyak orang minta tolong tapi ia tidak menjawab. Parahnya lagi terkadang ia remehkan. Dulu ia sangat sibuk dengan urusan pribadinya. Banyak orang chat, sms, telpon, namun ia terkadang tidak membalas. Kadang ia mengacuhkan, atau

Media Sains Sebagai Edukasi Tata Surya yang Menarik

Media Sains Sebagai Edukasi Tata Surya yang Menarik – Tata surya merupakan sebuah kumpulan benda di langit yang terdiri dari Matahari yang disebut bintang dan dikelilingi semua objek yang terikat oleh gravitasinya. Planet merupakan salah satu bentuk dari objek tersebut. Terdapat delapan buah planet yang orbitnya berbentuk elips, lima planet kerdil, 173 satelit alami yang teridentifikasi, dan benda langit lainnya.  Tata surya dibagi menjadi matahari, empat planet dalam, empat planet luar, sabuk asteroid, dan yang terluar adalah sabuk kuiper serta piringan yang tersebar. Jarak dari matahari dengan kedelapan planet tata surya ialah sejauh 57,9 juta km untuk planet Merkurius, 108 juta km untuk planet Venus, 150 juta km untuk planet Bumi, 228 juta km untuk planet Mars, 779 juta km untuk Jupiter. Kemudian 1430 juta km untuk planet Saturnus, 2880 juta km untuk planet Uranus, serta 4500 juta km untuk planet Neptunus. Terdapat juga beberapa planet kerdil yaitu Ceres, Pluto, Haumea, Makemake, s