Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Dibalik Kulit Cantik dan Awet Muda

 Ingin Kulit Tampak Lebih Muda? Intip 8 Tips Rahasia Kulit Cantik dan Awet Muda Ini!

Punya kulit yang cantik dan awet muda merupakan dambaan semua orang. Keinginan untuk memiliki kulit tampak awet muda pun bukan menjadi impian yang sulit lagi. Meskipun penuaan memang tidak bisa dikontrol prosesnya, tetapi kamu bisa memperlambat tanda-tandanya. Di artikel ini, kami akan memberi tahu 8 tips rahasia kulit cantik dan awet muda! 

8 Tips Rahasia Kulit Cantik dan Awet Muda

Supaya punya kulit cantik dan awet muda, ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan. Apa aja, ya? Yuk, kita simak tips-tipsnya!

1. Pakailah Sunscreen

Sinar UV merupakan penyebab utama perubahan tekstur dan penuaan pada kulit wajah. Untuk itu, kamu wajib menggunakan sunscreen setiap harinya, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. 

Saat berada di dalam ruangan, sinar UV masih bisa masuk ke ruanganmu melalui jendela. Jadi, jangan pernah lupakan sunscreen sebagai basic skincare terakhir yang harus selalu kamu pakai! Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan jangan lupa lakukan re-apply setiap 4 jam sekali.

2. Gunakan CTM Routine (Cleansing, Toning, Moisturizing)

Cleansing (mencuci wajah), toning (menggunakan toner), dan moisturizing (menggunakan pelembab) merupakan kunci dari basic skincare. Rutinitas ini perlu dilakukan pada pagi dan malam hari. 

Gunakan pencuci wajah setiap hari, lalu gunakan toner, dan kunci dengan pelembab agar muka-mu tetap terjaga. Dengan rajin melakukan CTM routine, hal ini dapat membantu mengurangi jerawat dan kusam pada muka.

3. Rajin Gunakan Chemical Exfoliate

Chemical exfoliator merupakan produk dari bahan kimia dengan kandungan bahan turunan dari acid. Chemical bersifat lembut di muka, sehingga menjadi pilihan yang bagus bagi para pemula yang hendak melakukan eksfoliasi. Gunakan chemical exfoliator tidak lebih dari 3x dalam seminggu.

4. Gunakan Lip Balm

Bibir pecah-pecah dan kering bisa membuatmu tampak terlihat lebih kusam. Selain itu, kulit di area bibir jauh lebih tipis, sehingga dapat lebih cepat menua bila tidak dirawat. Karena itu, sebelum tidur, berikan lip balm pada bibir kamu dan selalu gunakan lip balm sebelum menggunakan lipstick.

5. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Supaya kuit tampak lebih cantik dan awet muda, kamu bisa mengonsumsi alpukat, tomat, dan kacang-kacangan untuk membantu tubuhmu membuat membran sel yang sehat dan kuat. Makanan tersebut dapat memperbaiki skin barrier pada kulit wajah dan juga membuat tubuhmu lebih sehat.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Jika tubuhmu tidak terhidrasi dengan baik, kulitmu bisa terlihat kusam dan kering. Hal ini membuatmu tampak lebih tua. Maka, jaga tubuhmu tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup untuk menjaga fungsi metabolisme dan menjaga kulit tetap sehat.

7. Tidur yang Cukup

Hindari begadang! Tidur yang tidak cukup dapat merusak kulit muka. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian bahwa kualitas tidur yang buruk dapat berkontribusi pada peningkatan tanda-tanda penuaan kulit dan fungsi penghalang kulit dapat terganggu. Dengan tidur delapan jam, ini bisa memberimu tidur yang cukup.

8. Kurangi Stress

Terakhir, meskipun ini hal yang sulit, tetapi stress dapat merusak kulit secara serius dan memicu sejumlah masalah pada kulit, seperti autoimun. Jika dirasa mulai stress, lakukan beberapa aktivitas yang bisa menenangkan dirimu.



1 komentar untuk "Rahasia Dibalik Kulit Cantik dan Awet Muda"