Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Daftar Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Semangka adalah makanan pokok musim panas dan buah yang indah dan lezat. Ini juga sangat baik untukmu. Cara memetik buah Semangka yang matang sempurna, dan beberapa Manfaat Hebat buah semangka adalah sebagai berikut.

Gambar/foto buah semangka: dari pixabay.com


Berikut 6 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan 

1. Memiliki Nutrisi Utama dan Sedikit Kalori

Semangka lebih rendah kalori dan gula. Satu cangkir semangka menyediakan 45 kalori dari 11 gram karbohidrat, sembilan gram di antaranya adalah gula alami. Rasa manis alami itu digabungkan dengan vitamin A dan C, yang mendukung fungsi kekebalan dan kesehatan kulit, serta potasium, magnesium, vitamin B, dan antioksidan pelindung kesehatan.

2. Dapat Melindungi Kulit Anda

Jika Anda seorang pecinta semangka, Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya menikmati buah saat sedang musimnya, buah ini mungkin menawarkan perlindungan kulit. Vitamin A dan C yang terdapat pada semangka mendukung kesehatan kulit, dan kandungan likopen buah bisa melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meskipun efeknya tidak langsung. 

3. Mengurangi Nyeri Otot

Atlet yang mengonsumsi 16 ons jus semangka satu jam sebelum berolahraga mengalami penurunan nyeri otot dan pemulihan detak jantung yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang menerima minuman plasebo.

4. Dapat Menghasilkan Manajemen Berat Badan yang Sehat

Buah Semangka dapat membantu mendukung pengelolaan berat badan yang sehat jika dikonsumsi sebagai pengganti camilan manis olahan. Selama penelitian, satu kelompok diminta mengonsumsi dua cangkir semangka segar setiap hari, sedangkan kelompok kedua mengonsumsi kue rendah lemak dengan jumlah kalori yang sama dengan semangka. 

Para peneliti menemukan bahwa semangka mempromosikan rasa kenyang yang lebih besar daripada kue dan bahwa rasa kenyang (rasa lapar berkurang, rasa kenyang lebih besar, dan keinginan makan berkurang) bertahan hingga 90 menit setelah makan. 

Selain itu, mengkonsumsi semangka bisa menurunkan berat badan, mengurangi rasio pinggang-pinggul dan tingkat tekanan darah, dan meningkatkan status antioksidan dan lipid darah.

5. Semangka Menawarkan Dukungan Pencernaan

Meskipun semangka tidak terlalu tinggi seratnya, serat yang dikandungnya mendukung fungsi usus yang sehat. Semangka juga mengandung cairan dan prebiotik, sejenis serat yang merangsang pertumbuhan dan aktivitas bakteri menguntungkan di usus besar. 

Prebiotik terkait dengan fungsi kekebalan tubuh yang sehat, anti peradangan, dan suasana hati yang positif. Prebiotik juga dapat meningkatkan penyerapan mineral, meningkatkan kadar glukosa darah dan insulin, dan dapat melindungi dari kanker usus besar.

6. Membantu Mempertahankan Terhadap Penyakit

Semangka ialah salah satu sumber lycopene terbaik, Lycopene yaitu antioksidan yang dikenal untuk memerangi stres oksidatif, yang terjadi saat ada ketidakseimbangan pada produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh dapat melawan efek berbahayanya. 

Likopen dapat mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker, serta penyakit neurodegeneratif. Untuk lycopene paling banyak, pilih semangka dengan daging merah muda tradisional, karena mengandung lebih banyak antioksidan daripada varietas kuning dan oranye.

Trik untuk memilih  semangka yang matang adalah dengan mencari bercak kuning atau berwarna krem ​​​​atau bercak tanah itu merupakan tanda kunci kematangan puncak buah dan juga yang terasa berat saat Anda mengambilnya, mengingat kandungan airnya yang tinggi. 

Pastikan untuk mencuci Buah Semangka sebelum mengirisnya, untuk mencegah bakteri berpindah dari permukaan ke buah yang dapat dimakan. Konsumsi Buah ini dapat membantu agar Kesehatan Anda lebih terjaga.

Posting Komentar untuk "Inilah Daftar Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan"